Analisis Terhadap Variasi Pegas Sliding Sheave pada Torsi, Daya dan Akselerasi Awal Motor Matic Type 4 Langkah OHC 108 CC

Fachmy Apridio Tegar, Hevyanto (2019) Analisis Terhadap Variasi Pegas Sliding Sheave pada Torsi, Daya dan Akselerasi Awal Motor Matic Type 4 Langkah OHC 108 CC. Sarjana thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[img] Text
digital_7953-eSTM-2019001 Fachmy Apridio Tegar Hevyanto.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sepeda motor matic menggunakan sistem transmisi otomatis yang disebut dengan CVT (Continuously Variable Transmission). Perbedaan dasar cvt dibandingkan dengan pemindah tenaga lain adalah cara meneruskan torsi atau daya dari mesin ke roda. Kebutuhan masyarakat akan kendaraan bermotor yang bertenaga membuat munculnya ide-ide baru seperti penggunaan pegas sliding sheave racing yang diharapkan mampu meningkatkan tenaga mesin. Namun penggantian pegas sliding sheave yang tidak diperhitungkan dengan baik dapat mempengaruhi penurunan tenaga mesin. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan hasil perbedaan antara dua perlakuan berbeda pada satu objek yang sama, yakni perlakuan pertama menggunakan pegas sliding sheave standar dan perlakuan kedua menggunakan pegas sliding sheave racing. Oleh sebab itu penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan menggunakan dynotest. Untuk mengetahui besarnya torsi, daya dan akselerasi awal pada sepeda motor matic menggunakan pegas sliding sheave racing. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa, hasil torsi, daya dan akselerasi awal sepeda motor matic dengan menggunakan pegas sliding sheave standar menghasilkan rata-rata torsi, daya dan akselerasi awal sebesar 11,4 ftlb (15,45 Nm), 5,8 HP dan 0,4 m/s2. Dan hasil yang didapat saat menggunakan pegas sliding sheave racing variasi 1 (3,78 N/m) sebesar 11,2 ftlb (15,18 Nm), 6,4 HP dan 0,3 m/s2. Sedangkan hasil dari penelitian pegas sliding sheave racing variasi 2 (3,57 N/m) sebesar 11,5 ftlb, 6,5 HP dan 0,2 m/s2. Pegas uji terbaik adalah pegas sliding sheave racing variasi 2 (3,57 N/m), karena terjadi peningkatan torsi, daya maupun akselerasi disetiap putaran mesin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri dan Informatika > Teknik Mesin
Depositing User: ftii Perpustakaan perpus
Date Deposited: 22 Jun 2024 13:46
Last Modified: 22 Jun 2024 13:46
URI: http://eprints.uhamka.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item